Minggu, 01 September 2013

Matematika I hate you


“Ok teman-teman jangan lupa besok kita ulangan matematika ibu harap kalian semua besok sudah siap menjawab soal yang akan ibu berikan, ingat tidak mencontek hasil pekerjaan teman kalian ya, dan nanti malam kalian biasa mempelajari kembali materi yang tadi ibu berikan”
“ia bu”
Serentak semua siswa menjawab perintah dari Bu Sari guru matematika Enji, setelah Bu sari keluar dari kelas 2 IPA 7 para siswa pun langsung berhamburan keluar kelas bak segerombolan semut hitam yang sedang berlari ketakutan dari kejaran manusia yang sedang menghancurkan sarangnya, ada beberapa yang langsung ke kantin, ada juga yang mengobrol di kelas dan ada pula yang langsung bergegas ke perpusatakaan mencari bahan materi untuk ulangan matematika besok. Tetapi lain dengan Enji gadis berusia 17 tahun itu tidak tertarik bahkan hanya menanggapi setengah hati pesan dari bu Sari, maklum Enji memang lemah dalam hal pelajaran yang berbau hitung-menghitung, dia lebih tertarik dengan pelajaran olah raga yang tidak usah banyak menguras otak.
“Ran seperti biasa ya gw nyontek besok, lw tau sendiri kan gw lemah banget kalau sudah berhadapan sama angka-angka”
“ia kalau gw bisa ya Ji, lw juga harus usaha dong supaya bisa ngerjain soal matematika sendiri, paling engga dalam 10 soal yang keluar lw bisa jawab 50 % nya
Rani memang selalu menyemangati Enji, karna Rani tahu jika Enji mau belajar dan berusaha mencintai pelajaran matematika pasti Enji akan mampu mengerjakan soal-soal yang diberikan. Kuncinya adalah selalu berusaha tanpa pantang menyerah itu yan selalu diucapkan Rani kepada Enji.
***
Malam harinya Enji terlihat sangat sibuk tapi bukannya sibuk mempelajari materi yang akan keluar untuk ulangan matematika besok, gadis bermata bulat itu malah lebih tertarik mendengarkan musik sembari searcing teks lagu yang sedang dinyanyikannya itu
“Dek kamu ga belajar”
“males ka, besok si ada ulangan matematika tapi mau belajar sampe malem pun aku ga akan bisa jawab tu soal”
“loh ko gitu emangnya kamu punya wangsit apa besok buat jawab soal yang keluar”
“ahhhh gampang besok aku tinggal nanya sama temen sebangku aku Rani, wah Rani itu pinter banget ka matematikanya”
“ia aku juga tau kamu emang lemah di bidang itu, tapi kan kalau kamu mau berusaha pasti ada hasilnya. Paling tidak engga usah dapet nilai 10 deh yang penting itu hasil kerja keras kamu sendiri. Kakak yakin deh kalau kamu menjawab soal itu pakai pemikiran kamu sendiri pasti hasilnya akan beda dari pada kau mencontek pekerjaan teman kamu”
“ia terakhir dehh ka, aku janji besok-besok aku usaha sendiri buat ngerjain soalnya”
“yeee jangan menunggu sampai besok kalau kamu mau berbuat baik, kalau ada niat untuk berbuat baik langsung laksanakan sekarang juga”
“ia… ia”
Dengan memasang wajah bengong plus bingung Eka kakak perempuan Enji pun menyerah untuk menasehati adiknya itu, toh mau berbicara sampai berbusah pun Enji tidak akan mendengarkan omongan dari kakaknya itu. Selang beberapa menit kemudian HP Enji pun berbunyi, ada satu pesan masuk.
“Enji jangan lupa belajar statistik BAB 3 halaman 40, sebagai teman yang baik gw akan selalu mendukung lw, Ganbbate”
Ternyata pesan tersebut dikirim oleh Rani, sebagai teman yang baik Rani menyemangati Enji untuk tidak lupa belajar materi ulangan mereka esok hari.
***
“Duh ko Rani belum datang yang padahal kan sekarang sudah jam 7 pagi kurang 5 menit, gimana dengan ulangan matematika gw nanti”
Batin Enji dalam hati,wajahnya langsung pucat pasih karna tidak bisa membayangkan apa yang nantinya akan dia tulis dalam kertas jawaban soal matematika, sudah tidak ada waktu lagi untuk belajar karna jarum jam sudah menunjukan pukul 7 kurang 5 menit, dan bel pun berbunyi semua siswa yang masih ada di luar kelas langsung bergegas memasuki kelas mereka masing-masing. Ternyata hari ini Sari tidak masuk sekolah karena sedang terkena muntaber kabar tersebut di sampaikan oleh ketua kelas Enji. Mau apa lagi hari ini Enji akan kesulitan untuk menjawab soal ulangan matematikanya. Selamat dapat nila 0 Enji.


TAMAT

Nahh makanya jangan pada mencontek apa lagi mengandalkan orang lain, dapat nilai rendah itu memang tidak enak tapi kalau dapat nilai rendah hasil kerja keras sendiri pasti lebih menyenangkan ketimbang dapat nilai tinggi tapi hasil kerja orang lain. Semangat untuk adik-adik yang sedang berjuang dalam bangku pendidikan Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas yang sedang mengukir prestasi dalam semester awal ini, tekatkan harus lebih baik lagi setiap harinya. Dapat juara kelas itu memang asik tapi kalau tidak bisa juga tidak apa-apa ko banyak orang yang sukses tapi ketika sekolahnya biasa saja tapi mereka ulet dan pekerja keras.    

0 komentar:

Posting Komentar

 

Melukis Hari dengan Kata Template by Ipietoon Cute Blog Design