Senin, 17 Juli 2017

Review Novel Aisyah Putri Jilbab In Love


   Yuhuuu….. untaian huruf yang mampu menggambarkan kesanangan gw setelah melahap satu novel fiksi karangan Asma Nadia, sebenarnya ga seneng-seneng banget  tapi novel tersebut mampu menambah kosa kata dan sesaknya kata-kata keren yang berseliweran tanpa arah di otak gw. Paling tidak bisa menambah kata-kata manis dalam cerpen atau one day novel karangan gw sendiri (Amin Ya Allah). Gaya bahasa yang digunakan ringan banget makanya tanpa waktu lama kurang lebih tiga hari curi-curi waktu disela kesibukan gw yang padat buanget tuh novel mampu gw babat.

            Intinya novel Aisyah Putri dengan mengusung tema Jilbab In Love tepat banget untuk bahan bacaan para remaja SMA yang sedang linglung dalam kegalauannya mencari jati diri, dengan meluangkan waktu untuk membacanya bisa banget menjadi jalan keluar dari sekaratnya jiwa mencari jati diri.

            Jilbab In Love memiliki settingan lokasi sekolah SMA yang kental sekali di dalam setiap lembarannya, keseharian Aisyah Putri atau sering disapa Puput bersama dengan keempat teman dekatnya (Retno, Linda Icah dan Elisa) dan beberapa teman sekelasnya (Eki, Windu, Anton, Pinoy, Agung, Ayu dan Mimi) ditambah yang paling kece adalah keempat abang (Vincent, Harap, Hamka dan Iid) yang selalu menjadi pelengkap cerita disetiap bab dalam novelnya dan satu lagi karakter mama yang bikin iri semua anak di dunia huaaahhhhhhh.

            Awal bab menceritakan tentang cintanya Encun Campbell kepada Iid abang termuda Asiyah yang kata orang-orang disekitranya mirip banget sama salah satu aktor Indonesia Ozi Syaputra salah satu pemeran setan dalam sinetron Si Manis Jembatan Ancol hufffttt kenapa sampai dibilang mirip karena mereka berdua sama-sama botak makanya banyak yang  bilang kalau Iid itu jelmaan Ozi Syaputra. Nah kembali lagi ke awal cerita, kisah mereka berawal karena pada waktu itu Encun yang tanpa sengaja mengantarkan oleh-oleh kerumah Iid dan yang menerimanya adalah Iid, tiba-tiba ada getaran cinta yang merasuki akal sehat Encun bisa dibilang Iid itu cinta pada pandangan pertamanya Encun. Mati-matian Iid menunjukkan sikap ancurnya didepan Encun tapi tetap saja itu tidak membuat Encun hilang rasa pada Iid, mulai dari sikapnya yang cuek sampai jorok setiap kali sedang bersama Encun malah membuat Encun makin cinta dengan Iid.

            Setelah itu cerita berganti dengan keseharian Aisyah bersama teman-teman rohisnya di sekolah, membicarakan beberapa hal yang sedang booming dinoceng mulai dari Icha yang selalu membicarakan masalah cinta, Linda yang tidak bosan-bosannya melahap bakawan ibu kantin, Retno yang jago silat dan Elisa mantan model yang super cantik dan tauban nasuha setelah tersihir dengan kehebatan Aisyah. Tepat di bab lima membahas tentang Mr. Penyair yang membuat seluruh cewe-cewe SMA 2000 klepek-klepek acapkali membaca puisi cintanya, Mimi dan Ayu dua gadis centil nan cantik yang selalu meributkan Don untuk menjadi milik salah satu diantara keduanya.

            Sampai akhirnya Aisyah yang menjadi salah dua perwakilah X8 untuk menjadi bintang 2000, awalnya ia tidak percaya diri dengan para kandidat yang lain, secara nilai-nilainya baru membaik pada saat dirinya memutuskan untuk menjadi seorang akhwat. Tapi itu semua tidak menjadi masalah bagi juri, karena Aisyah dinilai sangat dewasa, bijaksana, cerdas, pandai bertutur kata dengan sopan dan yang tak kalah penting cewe langka yang memutuskan untuk membalut dirinya dengan hijab keistimewaan dimata Allah. Semua kandidat mendapati tantangan untuk bebicara didepan penghuni noceng, dengan menjabarkan dengan jelas, padat, singkat dan mudah dimengerti issue yang sedang menjadi buah bibir sebagian anak-anak SMA. Dan Aisyah ditantang untuk pidato dengan tema jika aku pemimpin bangsa  :
-            Nicolae Ceausescu, presiden Rumania yang lebih tepat disebut raja yang lalim. Sangat berkuasa, otoriter dan diktator, yang dengan tentara rahasianya, bisa mengetahui hampir setiap gerak-gerik warga negara. Nicolae berakhir dengan tragis. Setelah rakyat menyerbu istana, dia dan isteri diseret dan harus mati di tangan rakyatnya. Berhasil dijatuhkan tapi untuk kejatuhannya, Rumania harus mengorbankan puluhan ribu rakyatnya dalam satu revolusi berdarah.
-            Ferdinan Marcos di Filipina, memulai karir sebagai pengacara yang gemilang, hingga menjadi tumpuan harapan bangsa Filipina. Memerintah selama beberapa decade, namun berakhir dengan terusir dari negerinya, setelah gerakan massa dimpimpin istri lawan politiknya yang telah dibunuhnya, meraih dukungan rakyat. Bahkan setelah matinya pun jasadnya sempat ditolak untuk bisa dimakamkan di Filipina.
-            Alberto Fujimori seorang minoritas keturunan Jepang, berhasil menjadi presiden Peru dengan dukungan luas, memulai dengan kampanye keliling negara untuk kemajuan pembangunan, pembebasan korupsi dan berbagai janji lain. Masa pemerintahannya berakhir ketika dia mengundurkan diri saat mengunjungi negera leluhurnya Jepang dan mengajukan suaka di Jepang meninggalkan isu korupsi yang dituduhkan kepadanya.
-            Estrada di Filipina, sebelumnya terkenal sebagai bintang yang paling dipuja hingga akhirnya mendapat mandat memimpin negera. Belakangan ia dipaksa mundur oleh ratusan ribu orang yang demo turun ke jalan. Mantan orang kuat Filipina itu pun jatuh dan harus meninggalkan istananya.

Pemaparan diatas yang menjadikan Don salah satu lawanya mengundurkan diri karena takut dirinya kalah dari Aisyah. Semua juri dan warga noceng sepakat untuk menjadikan Aisyah bintang 2000 untuk periode kali ini.

            Tidak sampai disitu saja pesona Aisyah, ternyata Don memang cerdas ia tidak mau kalau begitu saja dari Aisyah ia membuat rencan untuk memilih mundur dari bintang 2000 dengan membuat spekulasi bahwa bisa jadi Don memundurkan diri karena dirinya memang keren, dan sudah pasti kalau dirinya tidak memundurkan diri ia akan menjadi bintang 2000. Teman-teman X8 tidak terima dengan keputusan Don, bahkan Aisyah sempat dibuat kikuk dengan kemenangannya, karena anak-anak X8 penasaran dibalik alasan Don mulailah mereka membuat tim ekspedisi untuk memata-mati cowok blasteran Jerman itu.

Mulai dari Linda dan Anton yang malah gatot karena sikap baiknya Don mentraktir mereka berdua. Terus Ayu dan Mimi yang klepek-klepek dan lupa dengan tugas mereka. Dan yang terakhir adalah Pinoy anak betawi yang budeknya minta ampun, padahal Don udah blak-blakan banget dengan alasan ia mengundurkan diri ehh gara-gara Pinoy lupa merekam percakapan mereka berdua alhasil alasan Don masih menjadi misteri. Dan akhirnya semua penduduk X8 pasrah dengan keadaan, tanpa suatu kejadian yang tak terduga ternyata Don menyatakan alasannya memundurkan diri, itu karena dirinya sedang sakit perut pada waktu itu, dan tak dapat berdiri lama di panggung dengan mennggunakan alasan itu dirinya yakin ia mundur dengan terhormat, benar sekali tebakan Vincent abang tertua Aisyah. Selain itu ternyata Aisyah mampu memenuhi rongga dalam hati Don dengan kata lain Don terserang virus merah jampu lope-lope sama Aisyah. Tapi dengan bijak dan sisi kemuslimahan Aisyah alasan itu tidak dapat dijadikan dirinya harus pasrah dengan keadaan siapa yang ga mau cinta-cintaan? Tapi cinta-cintaan yang nikmat itu tentu yang halal dan mendapat lisensi resmi dari Allah.

            Ada kata-kata manis yang membuat gw melting membacanya, terketik dihalaman 245. “Adakah bedanya kalau muslimah berjilbab jatuh cinta? Debar yang dirasakan, keinginan untuk dekat dan memperhatikan yang dicintai, serta rindu yang menyiksa itu mungkin sama. Yang berbeda adalah muslimah, apalagi dengan pemahaman Islam yang semakin baik, tentu memiliki koridor tersendiri untuk urusan jatuh cinta. Koridor dalam arti batasan-batasan ; apa yang boleh dan enggak boleh dilakukan, cara dan kemudian memproses cinta. Diluar itu, waktu cinta hadir juga mempengaruhi sikap dan keputusan seorang muslimah. Jika cinta datang ketika usia masih bau kencur, baru lulus SD belum lagi memasuki dunia SMA, tak banyak yang bisa dilakukan kecuali menggenggam perasaan itu rapat-rapa. Mungkin berbagi kepada teman dekat tetapi menggungkapkannya ke cowok gebetan? Kayanya, kok gimana gitu. Ia kalau si dia menerima, kalau ujung-ujungnya yang kamu terima hanya kalimat “Maaf, tapi kita jadi teman aja, ya?”

Mungkin sebagian muslimah di belahan bumi ini sudah terlampau sekarat dalam menunggu datanya seorang pujangga hati, menanti dengan sedih sang belahan jiwa untuk segera mengetuk pintu rumah mereka dan melamarnya, menjadikan pelipur lara teman dikala duka dan pengobat hati dikala rindu wanginya surga. Tapi satu langkah tindakan bodoh dapat merusak segalanya. Sama-sama sabar ya dalam menanti cinta-cintaan yang diridhoi Allah. Lope banget dah menjadi muslimah.

                                                                                                                           Tangerang, 17 Juli 2017
Indahnya melukis hari
#30DaysWritingChallenge #30DWC #Days12

           


0 komentar:

Posting Komentar

 

Melukis Hari dengan Kata Template by Ipietoon Cute Blog Design