Selasa, 05 April 2016

Reply 1988


          Dua hari ini lagi keranjingan sama drakor, lagi-lagi balik ke tabiat awal bergadang sama menjelang dini hari cuma buat menjawab rasa penasaran. Karena menurut gw paling asik untuk menikmati segala hal lebih baik langsung tancap gas ga pake lama apa lagi di tunda-tunda langsung aja gas poooollllll kalau sampai kenal siaran tunggu sama aja lw nikmatin makanan yang udah basi, udah pasti rasanya ga enak.
            Drakor apa si yang membuat gw menunda jam tidur? Di adalah REPLY 1988, sebenarnya udah lama kakak gw nyingung tuh drakor tapi karena gw ga tertarik dan hawa REPLY 1997 masih menghantui gw males buat nontonnya takut kecewa sama jalan ceritanya. Akhirnya karena udah di bagi gw nikmatin juga dah.

            Drakor di buka dengan seorang wanita yang sedang bercerita mengenai masa remajanya, akhirnya penonton di bawa ke settingan tahun 1988. Dan kalian tahun ternyata REPLY 1988 lebih kental nuansa jadulismenya di bandingkan dengan REPLY 1997 and ceritanya lebih complicated dan bikin penasaran untuk cepat-cepat tahu ending dari ceritanya. Makanya itu yang membuat gw bergadang dua malem mantenging laptop cuma untuk tahu jalan cerita yang dibuat penulis.
            Duk Sun adalah remaja yang tumbuh besar di antara keempat teman kecil yang berjenis kelamin cowo. Dia memiliki sifat yang sama dengan Si Won, gadis yang nilai akademiknya di bawah rata-rata, bawel, polos, kasar, ga tau malu, malu-maluin tapi semua sisi negatifnya itu akan terdispensasi dengan satu sifatnya yang amat luar biasa yaitu jiwa empatinya yang jarang dimiliki gadis-gadis seusianya. Duk Sun tidak hanya mementingkan teman-teman masa kecilnya saja tapi semua temannya akan di perlakukan dengan sama olehnya jika ada yang membutuhkan bantuan darinya. Pernah suatu hari dia di panggil oleh salah satu orang tua dari temannya, kedua teman dekatnya sudah berfikir negatif kalau pasti sang ketua kelas mereka sudah mengadukan hal-hal yang macam-macam sama orang tuanya makanya orang tua anak tersebut datang untuk menunjukkan kekuasaannya agar Duk Sun takut. Eitzzzzz tapi tuduhan mereka salah besar ternyata Duk Sun hanya di mintai tolong oleh orang tua teman sekelasnya untuk membantu anaknya jika suatu saat penyakit anaknya itu kambuh Duk Sun harus membantu agar anak tersebut terselamatkan, hmmmmmm kenapa ibu dari temanya bisa tahu? Usut punya usut wali kelas merekalah yang merekomendasikan nama Duk Sun sebagai anak yang memiliki jiwa empati yang sangat besar dan dapat di andalkan walaupun nilai akademiknya tidak menjamin.

            Di sini juga Duk Sun memiliki dua sahabat perempuan yang memiliki hobby sepertinya yaitu curhat-curhatan di warung ddukbokki. Informasi sedikit ddukbokki atau tteokbokki adalah makanan khas Korea berupa tteok dari tepung beras yang dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis. Tteok yang dipakai berbentuk batang atau silinder. Mereka akan sibuk membicarakan mengenai hal-hal yang sedang booming pada saat itu, dan di warung tteokbokki jugalah kedua sahabatnya itu mengatakan kalau Sun Woo memiliki perasaan lebih padanya, hanya karena Sun Woo membelikan Duk Sun mie rebus yang ternyata arti dari cinta itu kesalah pahaman saja. lagi-lagi kedua temannya bicara kalau sahabat Sun Won yang bernama Jung Hwan suka padanya. Karena tidak mau terjebak dalam kesalah pahaman lagi Sun Won berusaha untuk tidak langsung percaya dengan apa yang dikatakan temannya. Di drakor ini juga ada satu sin yang berlatar di Mcdonald’s, ternyata itu adalah Mcdonald’s pertama di Korea hahahah lucu yeeee, berarti Mcdonald’s pertama di Korea ada pada tahun 1988.

            Tapi kalau di REPLY 1988 Duk Sun tuh ga diceritakan seperti Si Won yang selalu membuat masalah dengan teman-teman sekelasnya hanya karena hal spele, walaupun sebenarnya sifat dari keduanya tidak jauh berbeda. Dan yang selalu membuat gw iri sama Duk Sun adalah ia memiliki empat teman cowo yang selalu menjaganya dan memiliki berjuta-juta kejutan yang out of the box. Dari salanah penonton akan di buat menebak-nebak tentang cowo yang akan menjadi pangeran masa depan Duk Sun, karena gendre drakor ini komedi romantis jadi pasti kedua sisi itu yang akan mendominasi alur dari drakor tersebut. Nah akhirnya penonton di bawa ke kisah cinta-cintaan dari setiap pemain.
Dimulai dari Sun Woo awalnya kirain dia yang akan menjadi pangeran masa depannya Duk Sun karena dari episode tiga mereka sudah di ceritakan cukup dekat diantara teman-teman yang lain. Sun Woo selalu memberikan perhatian lebih kepada Duk Sun dan selalu memiliki alasan untuk dekat dengannya. Mulai dari misi terselubungnya yang suka minjam ini itu sama Duk Sun padahal apa yang di pinjamnya Sun Woo sudah memilikinya di rumah seperti kamus, penghapus, tip-x, jarum jahit. Jung Hwan yang memang sudah memiliki perasaan lebih kepada Duk Sun menjadi gerah di buatnya olehnya, pada saat Jung Hwan sadar kalau selama ini Sun Woo bolak balik kerumah Duk Sun karena Sun Woo ingin menarik perhatian Duk Sun, ia marah besar dan yakin kalau keduanya saling suka. Tapi ternyata yang di sukai bukan Duk Sun melainkan Bo Raa selama ini Sun Woo hanya memanfaatkan Duk Sun sebagai alasan agar dapat curi-curi pandangan dengan Bo Raa, kalau Duk Sun si udah ke GR-AN banget dengan sikap Sun Woo yang memberikan perhatian lebih untuknya tetapi ketika dia tahu kalau Sun Woo memiliki perasaan untuk Bo Raa membuatnya hancur dan marah besar padanya, dan selalu mengatai Sun Woo brengsek. Sun Woo yang memang laki-laki tidak mengerti apa yang terjadi dengan Duk Sun akhir-akhir ini padanya. Tetapi karena persahabatan mampu mengalakhan segalanya Duk Sun bisa segera move on dari cinta bertepuk sebelah tangannya. Di REPLY 1988 Sun Woo diceritakan anak yang sayang banget sama ibu dan adik perempuannya, ia selalu berusaha untuk menjaga keduanya, memberikan perhatian lebih dan selalu tanya ini itu sekedar meyakinkan kalau keduanya baik-baik saja, Sun Woo juga anak yang cerdas dan selalu menggunakan waktunya untuk belajar. Alhasil dirinya bisa menjadi dokter di usia mudanya untuk menopang kehidupan masa depannya bersama Bo Raa.

            Jung Hwan yang ternyata memiliki perasaan tersembunyi untuk Duk Sun, kalau tidak salah pertama kali ia menyukai teman masa kecilnya itu ketika ia dan ketiga temannya di kejar-kejar oleh guru killer di sekolahnya yang melihat mereka keluar di jam malam pada saat karyawisata, ketika sedang di kejar-kejar oleh sang guru Jung Hwan menarik Duk Sun untuk bersembunyi di perbatasan tembok yang sangat sempit. Tubuh mereka saling bertemu dan membuat Jung Hwan salting dan berdegup kencang, kalau Duk Sun biasa aja dan tidak menyadari ke gugupan temannya itu. Mulai dari saat itu Jung Hwan selalu memberikan perhatian lebih pada sahabatnya itu, bahkan ia rela menahan sakit ketika harus berdesak-desakan di dalam bis Jung Hwan yang biasanya cuek bebek berusaha untuk melindungi Duk Sun agar tidak terhimpit-himpit oleh penumpang yang lain, Jung Hwan sangat kerja keras menjaga Duk Sun agar tetap aman dalam perjalanannya menuju sekolah sampai urat-urat tangannya terlihat jelas saat harus susah payah menahan dorongan dari penumpang lain setiap kali bis yang mereka tumpangi sedang oleng. Sebelum Jung Hwan memiliki perasaan kepada Duk Sun ia selalu memarahi Duk Sun setiap kali bertemu degannya, sampai kalau sehari saja Jung Hwan tidak membarahi Duk Sun berarti ada yang salah dengannya. Sama seperti Young Jae Jung Hwang diceritakan cowo yang sangat cerdas walau kepribadiannya bertolak belakang dengan otaknya, ia selalu menyibukkan waktunya dengan belajar belajar dan belajar, sayangnya karena sifatnya yang jaim akhirnya Duk Sun tidak dapat jatuh kedalam pelukannya. Padahal Duk Sun sudah memberikan sinyal kepada Jung Hwan agar dirinya berani untuk menyatakan cintanya. Dan akhirnya gw yakin yang bakal menjadi suami Duk Sun adalah Jung Hwan karena cinta yang teramat besar yang Jung Hwan miliki untuk Duk Sun ternyata cintanya Jung Hwan ga bertepuk sebelah tangan Duk Sun juga memiliki perasaan yang sama dengan Jung Hwan, apa lagi rumah mereka saling berdekatan dan tinggal di atap yang sama membuat intensitas keduanya untuk bertemu lebih besar ketimbang dengan ketiga sahabatnya yang lain.

            Persahabatan mereka tidak lengkap kalau tidak ada Dong Ryong, cowo lucu super amit yang mampu membuat suasan persahabatan mereka sangat indah untuk dilewatkan, dari awal episode sampai akhir selalu di buat kewata olehnya, gayanya yang lucu dan banyolannya yang selalu membuat ketawa. Cuma dia doang diantara sahabatnya yang ga sama sekali diceritakan kisah percintaannya, naksir sama siapa? siapa yang naksir? Semuanya masih menjadi misteri. Walaupun ia sagat lucu dan selalu membuat teman-temannya ketawa tetapi ia memiliki kesedihan yang tidak di tunjukkan salam sekali, yang membuatnya sedih adalah kedua orang tuanya yang super sibuk saking sibuknya mereka ga bisa menghabiskan waktu bersama walaupun hanya sekedar sarapan di pagi hari, ayahnya seorang guru di sekolah Dong Ryong ibunya kalau tidak salah seorang ratu asuransi dan keduanya kompak kalau sudah memarahi Dong Ryong. Karena alasan itu Dong Ryong selalu kesepian dan kurangnya perhatian dari keduang orang tuanya, tapi walaupun dia kurang perhatian ga membuat dirinya besar dalam dunia yang gelap, untung ada keempat sahabatnya serta orang tua dari sahabat-sahabatnya itu yang selalu membuat hari-harinya menjadi indah. Karena sikapnya yang asik setiap kali di ajak bicara dan pandai menyimpan rahasia membuat sahabatnya berani untuk curhat dengannya. Seperti Taek yang bicara padanya kalau ia memiliki perasaan cinta untuk Duk Sun, dan pada saat Duk Sun curhat dengan sedih kalau tidak ada satu pun cowo yang suka padanya tidak membuat Dong Ryong membuka kartu Taek yang suka sekali pada Duk Sun, sepertinya ia juga sedikit tahu kalau Jung Hwan juga suka pada Duk Sun tetapi ia tidak sama sekali memberi tahu kepada Duk Sun kalau anggapannya itu salah.
            Taek nah dialah sang raja baduk, saking hebatnya memainkan baduk ia sampai-sampai tidak sekolah karena harinya hanya disibukkan dengan berlatih dan bertanding. Sekedar informasi baduk adalah permainan papan srategis antara dua pemain, mainan tradisional ini berasal dari Tiongkok sekitar 2000 SM sampai 200 SM, papan igo ini terbuat dari kayu dengan garis-garis yang digambar di atasnya, batu-batunya berbentuk bola gepeng, kalau yang gw liat si seperti catur tapi kayanya beda dehhhhh ahhhh ga tau apalah itu gw bingung. Taek yang paling tertutup kepribadiannya diantara sahabat-sahabatnya yang lain. Pemalu, tidak suka keramaian, asik sama dirinya sendiri, selalu ngerem di dalam kamar, jarang bicara, saking pemalunya ketika teman-temannya sedang berkumpul di kamarnya (kebetulan kamarnya Taek di jadikan base came oleh mereka) Duk Sun yang sedang keluar sifat gilanya menari-nari tidak jelas di depan para sahabat cowonya Taek yang terkejut ketika membuka pintu kamar langsung mengurungkan niatnya untuk bergabung dengan mereka. Langka banget tuh cowo di zaman sekarang. Usut punya usut Taek tuh udah cinta mateeee sama Duk Sun dari waktu mereka masih sama-sama kecil karena sifat Duk Sun yang selalu menolong dirinya ketika sedang kesusahan. Ia selalu ingin dekat dengan Duk Sun dan selalu berusaha menyempatkan waktu untuk Duk Sun, tapi karena nyalinya yang sedikit ia tidak berani untuk menyatakan cintanya itu apa lagi pada saat ia tahu kalau Jung Hwan juga memiliki perasaan pada Duk Sun membuat dirinya takut untuk menyatakan perasaannya. Dan akhirnya Taek berusaha menyimpan cinta itu seorang diri ia tidak akan mengungkapkan perasaannya itu. semakin berjalannya waktu ternyata Duk Sun juga memiliki perasaan kepada Taek karena sikap Taek yang  baik kepadanya membuat dirinya membiarkan perasaan cinta menyelimuti hatinya. Tapi Duk Sun pun tidak ingin menyatakan perasaannya juga karena ia takut kalau sampai terjadi maka persahabatan mereka yang akan menjadi taruhannya pasti mereka akan canggung kalau bertemu. Kayanya Duk Sun sedikit bingung mau memilih Taek atau Jung Hwan makanya ia berusa untuk mengalihkan semua perasaan cintanya itu. Tetapi karena langkah Taek yang selalu lebihh cepat dibandingkan Jung Hwan membuat Duk Sun yakin kalau cintanya untuk Taek. Dan akhirnya mereka lope-lope deh…
            Bo Raa kakak super galak yang dimiliki Duk Sun selain galak ia juga sangat cerdas hari-harinya hanya disibukkan dengan belajar, Bo Raa tuh mimpi buruk untuk Duk Sun karena ia memiliki kekuasaan yang sangat besar di rumah. Bo Raa juga kasar dan tidak segan-segan memukuli Duk Sun kalau sampai adiknya menyingung perasaannya itu. Ternyata Bo Raa tuh kaum yang membelot, pernah suatu hari wajahnya tampil di layar kaca karena pada saat itu ia sedang asik berdemo dengan beberapa teman kampusnya yang tidak setuju dengan langkah yang di ambil oleh pemerintah, dirinya  babak belur di pukuli oleh polisi ayah dan ibu yang tahu tentang kejadian itu tidak tinggal diam ia geram dengan sikap anak pertamanya itu dan berusaha untuk menyadarkannya kalau jalan yang dipilihnya itu salah dan ia harus cepat-cepat sadar dan kembali menjadi Bo Raanya yang dulu. Akhirnya Bo Raa sadar dan tidak bergabung dengan teman-temannya yang suka berdemo lagi. Di sini Bo Raa selalu diceritakan kisah cintanya bersama Sun Woo, curi-curi waktu untuk bertemu ketika malam hari. Tapi gw ga begitu tertarik dengan cinta-cintaan mereka kalau adegan sedang beralih kepada mereka pasti gw akan skip ke adegan selanjutnya karena bagi gw kisah cinta mereka ga penting dan males untuk di lihat.
            Di REPLY 1988 tidak hanya diceritakan kisah anak mudanya saja, para orang tua mereka pun menjadi topik yang asik untuk di lihat. Karena mereka tinggal di komplek yang sama akhirnya kehidupan mereka pun di angat untuk menjadi sebuah perbincangan, kalau di REPLY 1997 kan paling orang tua Si Won aja yang di ceritakan dan sedikit orang tua Young Jae juga. Tapi lagi-lagi gw males ngeliat kalau saat penonton sedang di bawa ke konflik para orang tua dan gw akan skip ke adegan yang lain soalnya kan gw nonton marathon selama dua hari kalau ga di skip gw bakalan ga tidur, dan niat awal gw nonton cuma mau liat apa misteri cinta di tahun 2016 yang belum terungkap dan jawabannya ada di tahun 1988.
            Kisah kelima sahabat ini sangat asik untuk di lihat mungkin karena orang-orang yang berdiri di balik layar sangat professional dan mencintai perkerjaan mereka dan kedua drakor yang bergendre sama sudah suskses duluan jadi REPLY 1988 sudah memiliki pesona yang memikat dan menjadi drakor yang di tunggu-tunggu untuk sebagian orang. Lokasi, settingan, cerita, nuansa tahun 1988 disuguhkan dengan sangat baik, membuat setiap orang yang melihatnya seperti sedang melewati lorong waktu padahal drakor tersebut di produksi tahun 2016. Drakor ini juga di perkuat dengan penyanyi dan artis-artis yang sedang naik daun pada masa itu, jadi kita bisa lihat kebiasaan para pemain kalau sedang menghabiskan waktu bersama. Kelima sahabat itu selalu lupa waktu kalau sudah nongkrong di base came mereka, dengan menonton CD penyanyi yang sedang di gilai oleh seluruh rakyat korea pada tahun 1988, senang ya kalau bersahabat dengan memliki hobby yang sama. Kalau ga sedang nontong pasti Duk Sun akan memperlihatkan gerakan dancenya yang sangat ancur di hadapan keempat sahabatnya itu, dan keempat sahabatnya akan melihat tingkah konyolnya dengan tertawa bersama.
            Selama ini gw pengen banget punya kisah cinta dengan teman masa kecil, karena dengan itu gw ga usah menutupi semua sikap yang ada di dalam diri dan ga pake jaim-jaiman, pasti dia akan siap nerima gw apa adanya dan cinta yang timbul murni karena kebiasaan bersama dan saling menerima apa adanya. Selain cinta yang timbul karena kodrat seorang wanita dan laki-laki cinta yang timbul juga karena persahabatan yang sudah terjalin lama. Pengen banget punya sahabat cowo yang bisa ngejagain setiap waktu, pastinya kalau sedang berantem ga akan sakit banget dan dia ga akan bisa selingkung karena dunianya pasti tidak akan terkalahkan dengan rayuan maut dari orang ketiga.
Karena Sahabat adalah Segalanya







Tangerang, 25 Maret 2016

Melukis hari dengan kata 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Melukis Hari dengan Kata Template by Ipietoon Cute Blog Design